telat bayar Investree

Sharing Story : Menghadapi Telat Bayar di Investree

Sebagai lender P2P Lending, kita pasti ada risiko pinjaman kita telat bayar atau bahkan gagal bayar. Post ini adalah sharing saya menghadapi pendanaan yang telat bayar di Investree.

Disclaimer: Ini hanya sharing pribadi, tidak bermaksud untuk mempromosikan atau menjatuhkan pihak manapun. Keputusan investasi adalah tanggung jawab setiap individu.

Ada beberapa post sebelumnya yang mungkin bisa kamu baca sebelum melanjutkan baca post ini, yaitu:

Jadi, mari kita lanjut tentang gagal bayar di Investree.

Pertama kenal Investree

Investree adalah platform pertama saya kenal P2P Lending. Thanks to Felicia Putri Tjiasaka, karena Channel Youtube nya yang mengenalkan saya pertama kali dengan P2P Lending. Kalau kamu mau nonton, saya ada taruh link Youtube-nya di sini.

Jadi bayangkan seberapa panik kalau kita sebagai first timer, kemudian kena telat bayar dari lending yang kita danai.

Namanya juga P2P lending, telat bayar atau gagal bayar sudah jadi risiko yang perlu diketahui lender. Tapi kenyataannya praktek tidak semudah teori, dan menjalani tidak semudah bicara bukan?

Buat yang lagi mencari solusi atau kuatir tentang gagal bayar pendanaan, ini adalah beberapa poin yang saya share dari kejadian sebelumnya.

1. Telat bayar? Don’t be panic!

pemberitahuan telat bayar Investree

Jadi kalau pendanaan kita mengalami keterlambatan (tidak lunas di tanggal jatuh tempo), maka Investree akan mengirimkan email pemberitahuan di H+1 jatuh tempo.

Jadi kalau mau panik, don’t be. Karena ini baru telat bayar, pokok dan bunga pinjaman kita masih akan diusahakan untuk kembali.

Bagusnya, Investree akan selalu mengirimkan notifikasi seperti ini untuk semua lending yang mengalami keterlambatan pembayaran. Kalau kamu ingin bertanya atau komplain, Investree juga menyediakan media email atau telepon untuk menghubungi CS mereka.

2. Contact Investree

Yes, I know that Investree sudah menginformasikan ke kita mengenai telat bayar borrower. Tapi berhubung saya bukan orang yang sabar menanti, saya ingin tahu sudah sampai mana proses penagihannya, apa alasan keterlambatan, bagaimana solusinya.

Maka saya hubungi CS Investree untuk menanyakan hal tersebut jika saya merasa keterlambatan sudah cukup lama dan tanpa update tambahan dari platform.

Dan saya mengapresiasi penjelasan yang dilakukan oleh pihak Investree. Mereka memberitahukan secara detail mengenai pendanaan tersebut dan usaha yang dilakukan. Seperti contoh di bawah.

penjelasan telat bayar Investree

3. Menunggu hingga akhirnya dibayar

Let Investree do their job professionally, saya hanya bisa menanti hingga pinjaman tersebut dibayarkan.

Sampai hari ini saya menulis post ini (20 November 2020), menurut pengalaman saya bahwa Investree adalah platform yang bisa mengalami telat bayar, tapi saya belum pernah mengalami sampai gagal bayar / default (dan semoga tidak akan pernah terjadi di kemudian hari).

Bunga pinjaman yang kita terima adalah bunga yang dihitung sejak awal pinjaman hingga pembayaran. Jadi lender hanya rugi waktu, tapi tidak mengalami kerugian dari bunga yang diterima.

4. Eliminate the borrower

Mohon maaf sekali, tapi saya tidak akan mendanai borrower tersebut jika pernah telat bayar parah di pendanaan saya sebelumnya.

Kenapa? Karena masih ada opsi borrower lain dengan catatan clean sheet (belum pernah telat bayar).

Mungkin akan lain ceritanya jika semua borrower yang ada sudah punya catatan telat bayar. Tapi saat ini, mungkin belum waktunya.

Dan sepertinya borrower yang sudah telat bayar terlalu lama juga tidak lagi diijinkan untuk mengajukan pinjaman, makanya total pinjaman saat ini = 0.

Kesimpulan

Ya, Investree tidak bisa memberi kita jaminan jika tidak akan mengalami telat bayar. That’s why TKB90 mereka < 100%.

Tapi saya juga bisa melihat usaha yang dilakukan Investree dalam penagihan supaya yang telat bayar tidak menjadi gagal bayar. And I appreciate their effort.

Anyway, kalau kamu tertarik untuk register di Investree, kamu bisa klik link ini. Feel free jika kamu mau mengisikan referral code saya, KD6LV. Terima kasih!

Tapi kalau kamu merasa Investree tidak cocok dengan karakter kamu, tidak masalah. Kamu bisa menemukan investasi lain yang cocok dengan pribadi masing-masing. Banyak jalan menuju Roma, bukan.

Menurutmu post ini bermanfaat? Boleh bantu untuk share post ini. Terima kasih.

2 thoughts on “Sharing Story : Menghadapi Telat Bayar di Investree”

  1. hai kak margaret terima kasih sharingnya. kemarin sampai telat bayar berapa hari kak?

    saya juga ada 1 pinjaman di investree yg sudah telat 158 hari sampai hari ini.
    padahal waktu itu history pinjamannya bagus, pembayaran dipercepat ada 100an, tepat waktu 40an, terlambat masih 0. tapi sekarang terlambatnya sudah ada 3 kali.

    katanya sih kalo gagal bayar, bunganya hangus, tapi untuk pokok pinjaman kita bakal ditanggung asuransi sampai 90%, tapi ngga tau juga mesti nunggu berapa lama lagi.

    saya sudah beberapa kali ngasih pinjaman di investree dan semuanya sudah lunas, tinggal 1 ini yg masih nyangkut yg berakibat saya jadi belum tertarik ngasih pinjaman lagi.

    apa kakak ada pengalaman begini juga?

    1. Terburuk yang pernah sy alami, telat s.d 208hr (+periode pinjaman 92hr).
      Jadi total meminjamkan s.d 300hr baru uang kembali.
      Bunganya dibayarkan full+pokok dengan cara dicicil.

      Memang dari awal, kita filter borrower yang track record bagus.
      Tapi realitanya borrower tetap bisa ada kemungkinan telat bayar.
      Risiko tetap ada.

      Memang rasanya tidak enak kalau mengalami telat bayar.
      Semoga cepat dilunasi ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *