ST005 : SUKUK TABUNGAN SERI TERBARU

Pemerintah kembali mengeluarkan SBN (Surat Berharga Negara) seri terbarunya di bulan Agustus 2019 ini, namanya Sukuk Tabungan seri ST005. Yuk, cek di sini struktur, keuntungan, risiko dan cara pemesanannya.

Buat kalian yang belum mengenal apa itu SBN, boleh baca dulu post sebelumnya mengenai Investasi SBN.

Mengenal Sukuk Tabungan

Sukuk Tabungan adalah produk investasi syariah yang diterbitkan oleh Pemerintah kepada individu Warga Negara Indonesia yang aman, mudah, terjangkau, menguntungkan, dan sesuai syariah.

MUI sendiri telah mengeluarkan Surat Nomor B-319/DSN-MUI/lV/2019 mengenai Kesesuaian Syariah untuk ST004, ST005, dan ST006 yang telah dan akan terbit sepanjang tahun 2019.

Sukuk Tabungan ini sama seperti SBR, hanya saja sesuai ketentuan syariah. ST ditawarkan kepada masyarakat investor ritel yang menganut prinsip syariah. Namun bagi non muslim, kamu tetap boleh membeli ST ini.

Struktur dari ST005

Struktur ST005

Catatan untuk calon investor adalah:

  • Masa penawaran ST005 hanya 08 – 21 Agustus 2019. Kalau sudah lewat, tidak bisa beli lagi karena Sukuk Tabungan tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder.
  • Nominal pemesanan mulai dari Rp 1 juta sampai dengan Rp 3 Miliar.
  • Imbalan setara dengan 7.40% per tahun, floating with floor.
    • Perhitungan rate imbalan = BI Rate 5.75% + Spread 1.65% = 7.40%.
    • Saat BI Rate naik, imbalan akan ikut naik dengan rumus BI Rate + Spread 1.65%.
    • Saat BI Rate turun, imbalan yang didapat tetap minimal 7.40%.
  • Jatuh Tempo adalah 10 Agustus 2021 (tenor = 2 tahun).

Keuntungan Investasi di ST005

  1. Aman. Pembayaran Imbalan/Kupon dan Nilai Nominal dijamin oleh Negara berdasarkan Undang-Undang SBSN dan Undang-Undang APBN setiap tahunnya, sehingga Sukuk Tabungan seri ST005 tidak mempunyai risiko gagal bayar.
  2. Imbalan/Kupon ditawarkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito bank BUMN. Kupon yang ditawarkan minimal adalah 7.40% p.a.
  3. Imbalan/Kupon mengambang dengan jaminan kupon minimal (floor). Jadi jika Suku Bunga BI turun, kita akan tetap mendapat kupon minimal 7.40% p.a.
  4. Imbalan/Kupon dibayar setiap bulan.
  5. Terjangkau. Bisa berinvestasi mulai dari Rp 1 juta.
  6. Ada fasilitas Early Redemption tanpa dikenakan Redemption Cost.
  7. Online. Kemudahan akses untuk melakukan Pemesanan Pembelian dan pengajuan Early Redemption melalui Sistem Elektronik.
  8. Kita bisa turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional.
  9. Investor dapat berpartisipasi dalam aktivitas pasar keuangan dengan cara dan metode yang tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah.

Risiko Investasi

Risiko Investasi ST005 tergolong rendah, hanya ada 1 risiko yaitu:

  1. Risiko likuiditas (liquidity risk), adalah kesulitan dalam menjual ST005 sebelum jatuh tempo apabila investor memerlukan dana tunai. ST005 memiliki risiko likuiditas karena tidak dapat diperdagangkan dan dialihkan. Namun ST005 dapat dicairkan sebelum jatuh tempo dengan memanfaatkan fasilitas Early Redemption.

Tapi Risiko Likuiditas ini sedikit teratasi kalau kamu mau memanfaatkan fasilitas Early Redemption. Artinya, kamu boleh mencairkan maksimal 50% dari investasi kamu selama periode 24 Juli 2020 – 04 Agustus 2020. Kemudian dana kamu akan cair di tanggal 10 Agustus 2020.

Lewat dari tanggal di atas, Investasi kamu akan cair di tanggal Jatuh Tempo, 10 Agustus 2021.

Jadi kalau kamu mencari SBN yang bisa diperdagangkan di pasar sekunder (tradable), ST005 ini kurang cocok dengan kamu. Saran saya, kamu bisa membeli ORI terbaru yang akan terbit di Oktober 2019.

Timeline ST005

Berikut ini Timeline Investasi ST005 yang perlu kita catat supaya tidak kelewatan.

Timeline ST005

Cara Pemesanan

Jadi kamu sudah memutuskan untuk berinvestasi dalam ST005? Nah, berikut ini cara pemesanannya ya.

Cara Pemesanan ST005

1. Registrasi

Proses pendaftaran Calon Investor melalui Sistem Elektronik yang disediakan oleh Mitra Distribusi (Midis). Memasukan data-data antara lain, data diri, nomor SID* (Single Investor Identification), nomor Rekening Dana dan nomor Rekening Surat Berharga.

Calon investor yang belum memiliki nomor SID, rekening dana, dan/atau rekening surat berharga, akan dibantu oleh Midis.

*Nomor Tunggal Identitas Pemodal (Single Investor Identification/SID).
SID adalah kode tunggal dan khusus yang diterbitkan oleh Kustodian Sentral Efek lndonesia (KSEI) selaku lembaga penyimpanan dan penyelesaian.

Ada 22 Mitra Distribusi (Midis) yang bekerja sama dengan Pemerintah dalam memasarkan ST005.

Mitra Distribusi Sukuk Tabungan 005

2. Pemesanan

Setelah registrasi berhasil, Calon Investor melakukan pemesanan ST005 dengan sebelumnya membaca ketentuan dalam Memorandum Informasi. Pemesanan hanya dapat dilakukan pada saat masa penawaran ST005, yaitu 08 – 21 Agustus 2019.

3. Pembayaran

Setelah pemesanan diverifikasi (verified order), Calon Investor mendapatkan kode pembayaran (Billing Code) melalui email/sms sesuai kebijakan masing-masing Mitra Distribusi.

Kode pembayaran digunakan untuk penyetoran dana investasi melalui Bank Persepsi (Teller, ATM, Internet Banking, Mobile Banking) dalam batas waktu yang ditentukan.

4. Konfirmasi

Setelah pembayaran, Calon investor akan memperoleh NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dan notifikasi completed order serta akan memperoleh alokasi ST005 pada tanggal setelmen.

Kalau kamu mau lihat step by step pemesanan, kamu bisa baca di SBR 007 : Struktur, Keuntungan, dan Cara Pemesanan

Untuk keterangan lebih lengkap, kamu juga bisa visit ke website Kementerian Keuangan.

Semoga bacaan ini dapat bermanfaat ya. Jika ada pertanyaan, jangan sungkan. Saya akan coba membantu.

2 Replies to “ST005 : SUKUK TABUNGAN SERI TERBARU”

  1. thank you kak. sya semakin yakin dgn SBN terutama produk sukuk ini. smoga trs mmberikan konten finansial dgn bagus hehe

    1. Amin, terima kasih feedbacknya ☺️☺️

Leave a Reply