Review DanaIN : P2P Lending Platform

Review DanaIN P2P Lending

Jaman sekarang banyak P2P Lending platform yang bermunculan, salah satunya adalah DanaIN. Maka post ini berisi review mengenai DanaIN secara lengkap.

Untuk yang baru mau mengenal P2P lending, bisa cek post tentang Penjelasan P2P Lending.

Company profile

DanaIN berdiri sejak Juli 2018 (bisa dicek dalam website mereka), dan sudah terdaftar di OJK. Jadi perusahaan ini sudah resmi.

Holding company dari perusahaan adalah Serba Mulia Group, yang telah berdiri sejak 1970. Company profile Serba Mulia juga bisa dicek dalam website mereka. Serba Mulia Group memiliki bisnis unit dalam bidang otomotif, multifinance, pegadaian, hingga terakhir di P2P Lending.

Hingga saat ini belum ada indikasi bahwa DanaIN disuntik dana dari Venture Capital dari dalam maupun luar negeri. Jadi murni perusahaan dengan modal dari holding company.

Cara kerja DanaIN

DanaIN adalah platform P2P Lending seperti yang lainnya. Mempertemukan pemberi pinjaman (lender) dengan peminjam (borrower). Namun setiap platform memiliki model bisnisnya sendiri, termasuk dengan DanaIN. Ada yang membedakan DanaIN dengan platform lain.

Ada 4 pihak yang bertransaksi dalam DanaIN. (biasanya hanya 3 pihak, yaitu lender, platform dan borrower). Namun di sini, justru ada lender, platform, borrower dan Mitra Pegadaian Emas (PT Gadai MAS).

Kenapa ada mitra di sini?

Karena DanaIN bekerja sama dengan PT Gadai MAS (masih 1 grup perusahaan). DanaIN hanya menyalurkan pinjaman borrower yang menggadaikan emas di PT Gadai MAS.

Lalu apa efeknya ke lender?

Dengan agunan emas, maka TKB90 DanaIN bisa di-maintain stabil di angka 100%, artinya tidak ada telat bayar. Looks good ya.

Jadi kira-kira begini alur peminjamannya.

  • Borrower mengajukan pinjaman ke Mitra (Gadai MAS) dengan memberikan agunan dalam bentuk emas. Di sini Mitra menalangi pinjaman untuk borrower.
  • Pinjaman kemudian di upload dalam DanaIN supaya bisa didanai oleh lender.
  • Lender mendanai dan DanaIN akan menyalurkan ke Mitra.
  • Kemudian borrower akan mengembalikan pokok pinjaman+bunga kepada Mitra, Mitra kepada DanaIN, kemudian dikembalikan ke lender.

Imbal hasil

Periode peminjaman dibatasi maksimal 120 hari. Tapi borrower boleh melunasinya kapan saja. (Ini juga salah satu yang berbeda dibanding P2P Lending lain).

Imbal hasilnya minimal 8%/tahun dalam pembagian setiap 15 hari. Begini tabelnya biar lebih clear.

Tenor pinjamanRate Imbal Hasil
1-15 hari0.33% (8%*15/360 hari)
16-30 hari0.66% (8%*30/360 hari)
31-45 hari 1.00% (8%*45/360 hari)
46-60 hari1.33% (8%*60/360 hari)
dst hingga 120 hari

Jadi kalau borrower membayar pinjaman di hari ke-15,30,45,60 (kelipatan 15 hari), maka lender akan mendapatkan setara 8%/tahun (return minimal).

Kalau dibayar sebelum kelipatan 15 hari, bunga yang kita terima akan tetap 15 hari tersebut. Artinya, lender dapat return >8%/tahun.

Apalagi kalau hanya meminjamkan 1 hari. Itu setara 120%/tahun lho (0.33%*360/1 hari). Ya tapi akan jarang sekali terjadi.

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari DanaIN.

Kelebihan DanaIN

1. Terdaftar di OJK

DanaIN terdaftar dalam OJK
Data OJK per 05 Agustus 2020

Dari data OJK, DanaIN sudah terdaftar, namun belum berizin. Artinya perusahaan fintech diberi waktu untuk menaikkan level mereka menjadi berizin oleh OJK.

Baik terdaftar maupun berizin, menunjukkan bahwa perusahaan tersebut adalah resmi dan boleh menjalankan kegiatan usahanya.

2. TKB90 = 100%

Hingga saat ini, TKB90 = 100%. Hal ini karena adanya agunan emas sebagai jaminan pinjaman. Kalau sudah mencapai tenor maksimum (120 hari), pinjaman kita otomatis akan dibayarkan.

Agunan tersebut sudah menjadi urusan Mitra dengan borrower. Entah akan melakukan pinjaman baru atau agunan dicairkan.

Yang penting, sebagai lender kita diberikan kepastian atas risiko gagal bayar. Ingat, yang terpenting adalah mitigasi risiko supaya tidak kehilangan dana kita.

Risiko akan muncul jika Mitra menjadi wanprestasi terhadap DanaIN atau lender. Namun untuk saat ini, masih aman karena Mitra sendiri adalah perusahaan yang masih 1 grup dengan DanaIN.

3. Return >8%/tahun

Melihat dari perhitungan di atas, maka return minimum kita adalah 8% per tahun. Dan itu bukan hal yang buruk. Dibandingkan dengan deposito (3%-4%).

Bisa lebih tinggi jika pinjaman dilunasi sebelum kelipatan 15 hari.

Simulasi imbal hasil DanaIN P2P lending
Bisa cek di website jika perlu perhitungan simulasi pendanaan.

Kekurangan DanaIN

1. Borrower bebas melunasi kapan saja

Beda dengan platform lain di mana tenor pinjaman sudah disepakati saat transaksi, di sini borrower bebas melunasi pinjaman kapan saja selama belum mencapai 120 hari pinjaman.

Bagi lender, tidak ada kepastian mengenai tenor pinjaman di muka. Jadi pastikan menggunakan dana yang tidak akan dipakai untuk 4 bulan ke depan (karena max pinjaman adalah 120 hari).

2. One on one lending

Artinya, 1 lender untuk 1 lending. Tidak ada sistem mengumpulkan pinjaman dari beberapa lender. Oleh sebab itu, pinjaman yang besar hanya bisa didanai oleh lender dengan modal besar.

Tapi tidak masalah, pinjaman di DanaIN bervariasi mulai dari 100 ribu hingga puluhan juta. Cukup mendanai sesuai kemampuan kita.

3. Design Web dan Aplikasi kurang menarik

Design website dan aplikasinya memang kurang menarik, tapi itu masih bisa diperbaiki.

Apa lagi yang perlu diketahui?

Bank yang bekerja sama

Untuk mendanai, kita harus setor dana dulu. Bank yang bekerja sama adalah BCA dan BNI. Di luar itu, kita harus melalui ATM Bersama, Prima, Alto yang artinya akan ada biaya admin transfer beda bank.

Untuk penarikan dana, saya belum pernah. Nanti akan saya update jika sudah melakukan penarikan dana.

Jika sudah tertarik untuk mendanai di DanaIN?

Untuk registrasi, harus install aplikasi di HP dulu, Android atau non-Android (mobile website). Registrasi harus di HP karena perlu foto KTP dan selfie. Selanjutnya bisa buka di website via komputer untuk transaksi.

Data diri yang diperlukan:

  • Email dan No HP
  • NPWP
  • Foto KTP
  • Rekening bank yang beratas nama lender.

Jangan lupa untuk masukkan kode referral saya, 122463. Terima kasih.

Disclaimer : Post ini adalah review jujur dan tidak untuk mempromosikan atau menjatuhkan pihak tertentu.

Jika kamu mau membaca review yang lain mengenai P2P Lending, ada Investree dan Asetku. Silakan dicek.

Menurutmu post ini bermanfaat? Boleh bantu untuk share post ini. Terima kasih.

Leave a Reply