REVIEW BELI REKSA DANA DI BAREKSA

Langkah awal untuk memulai investasi reksa dana adalah menemukan tempat yang tepat untuk membeli produk reksa danamu. Di manakah kamu akan membelinya?

Dengan semakin meleknya masyarakat akan investasi dan naiknya popularitas reksa dana, maka Agen Penjual Reksa Dana juga semakin banyak muncul. Kita sebagai investor, apalagi pemula, akan semakin bingung memutuskan kemana akan membeli.

Ada 62 Perusahaan sebagai APERD di OJK. Kamu bisa cek daftarnya dengan klik di sini.

Maka di post kali ini saya mau share sedikit pengalaman dalam menggunakan salah satu dari 62 APERD yang bisa kamu pertimbangkan. Apa iya Bareksa bisa sesuai dengan ekspektasi kamu?

Baca juga : Pengertian Tentang Reksa Dana

Bareksa Adalah Marketplace

Kalau Tokopedia, Bukalapak, Shopee adalah marketplace untuk produk belanja, maka Bareksa adalah marketplace reksa dana online. Kamu bisa cek website nya di www.bareksa.com.

Selayaknya supermarket, Bareksa tidak menerbitkan produk reksa dana sendiri. Ia hanya menjual produk-produk dari banyak Manajer Investasi (MI) yang bekerja sama dengannya.

Produk Di Bareksa

Produk Bareksa

Apa saja yang ditawarkan? Kalau kita cek di halaman utama websitenya, akan muncul 3 jenis produk yang mereka jual, antara lain :

  1. Reksa Dana. Jelas ini adalah main product dari Bareksa.
  2. SBN. Ini jenis obligasi namun hanya milik Negara.
  3. Bareksa Umroh. Sebenarnya ini adalah reksa dana juga, namun dikelola secara syariah dengan tujuan untuk Umroh.

Selain Produk, Bareksa juga memberikan jasa bagi penggunanya. Mereka memberikan data dan berita ekonomi, bukan hanya reksa dana tapi juga saham dan obligasi.

Point Plus Bareksa

1. Online

Kalau saya sih awal pertama kali memilih Bareksa karena bisa registrasi secara online. Males banget kan kalau harus datang ke kantor Agen Penjual atau MI langsung. Mereka termasuk perusahaan yang pertama menawarkan online registration, maka langsung saya daftar.

2. Biaya Transaksi Gratis

Selama ini saya membeli (top up) produk selalu gratis. Jadi beli Rp 100 ribu, ya masuk Rp 100 ribu. Kalau beli di tempat lain, Subscription Fee biasa dibebankan 1%-2%. Mungkin karena sudah kerja sama dengan MI tersebut, sehingga tidak dikenakan fee.

3. Banyak Produk

Karena Bareksa adalah supermarket produk reksa dana, maka banyak banget produk yang dijual di dalamnya. Kita bisa beli beberapa produk dari beberapa MI dengan 1 akun saja. Jadi tidak perlu registrasi berkali-kali di setiap MI.

Karena banyak pilihan, jadi bisa membandingkan produk masing-masing dengan lebih efisien. Semua ada dalam 1 platform.

4. Terjangkau

Bisa mulai beli reksa dana dengan minimal pembelian Rp 100 ribu saja. Jadi siapapun bisa mulai investasi reksa dana sedikit demi sedikit, asalkan selalu konsisten top up.

Point Minus Bareksa

1. Bingung Memilih Produk

Ada sekitar 197 produk reksa dana yang ditawarkan oleh Bareksa. Banyaknya produk bisa menjadi point plus, namun juga membuat kita bingung dalam memilih. Menganalisis sedemikian banyak produk pun memerlukan waktu panjang.

Beruntung ada barometer yang meringkas performa produk-produk tersebut. Kita cukup filter sesuai pencarian kita, kemudian memilih produk dengan performa terbaik.

Baca juga: Cara baca prospektus dan fund fact sheet reksa dana

2. Konfirmasi Transaksi Secara Manual

Setelah memesan produk, kita akan diminta transfer untuk pembayaran transaksi tersebut. Sayangnya, pembayaran tersebut tidak dapat dicek secara otomatis. Maka kita perlu untuk meng-upload bukti bayar di aplikasi.

Jika tidak meng-upload bukti pembayaran, maka secara sepihak Bareksa dapat membatalkan order kita. Kalau sudah demikian, kita harus menghubungi Customer Service via WA atau email.

Biasanya, mereka akan meminta mengulang order dengan nominal sama kemudian upload bukti sebelumnya.

Update per 20/05/2020:

Sekarang pembayaran Bareksa bisa menggunakan OVO, baik OVO Cash maupun OVO Point. Konfirmasi pembayaran juga menjadi otomatis lebih mudah jika menggunakan OVO.

Mau Registrasi, Bagaimana?

A. Mulailah dengan mampir ke websitenya

Alamat websitenya di www.bareksa.com.

Baiknya kamu juga install aplikasi Bareksa di HP kamu. Jadi kamu punya 2 akses, Web dan HP. Karena sejalannya waktu, saya lebih sering mengakses di HP.

Link install aplikasi di HP:

B. Siapkan Data Diri

Untuk Registrasi, siapkan copy KTP dan Halaman Depan Buku Tabungan yang menunjukkan Nomor Rekening dan Nama Pemilik Rekening yang sama dengan Pemilik Akun yang akan didaftarkan. Semuanya kamu simpan dalam softcopy (file jpg atau png), karena akan kamu upload saat registrasi.

C. Mulai Registrasi

Kamu bisa mulai pendaftaran di link ini kemudian ada beberapa tahap.

Langkah Registrasi Akun Bareksa
Langkah Registrasi Akun Bareksa 2
Langkah Registrasi Akun Bareksa 3

Kalau kamu sudah melewati 3 tahap ini hingga muncul notifikasi selesai, maka kamu tinggal menunggu notifikasi selanjutnya jika akunmu telah selesai diverifikasi sekitar 2 hari kerja. Jika sudah menerima email aktivasi, kamu sudah bisa login dan mulai transaksi.

Mau registrasi via aplikasi HP juga bisa. Tahapannya juga sama. Sesederhana itu, maka kamu sudah siap untuk bertansaksi.

Disclaimer : Post ini adalah review jujur dan tidak untuk mempromosikan pihak tertentu.

4 Replies to “REVIEW BELI REKSA DANA DI BAREKSA”

  1. Saya juga sedang berpikir untuk beli reksadana di bareksa, dan beruntungnya sekarang sudah ada pilihan pembayaran dengan OVO.. terima kasih informasinya

    1. Sama”, semoga berguna

  2. Jika tidak meng-upload bukti pembayaran, maka secara sepihak Bareksa dapat membatalkan order kita. Kalau sudah demikian, kita harus menghubungi Customer Service via WA atau email.

    Biasanya, mereka akan meminta mengulang order dengan nominal sama kemudian upload bukti sebelumnya.

    Pertanyaan :
    Mbak orderan saya dibatalkan sama sistem padaal sudah upload dengan tujuan rekening benar, sunggu ini baru sekali nyoba mau investasi. Rasanya campur aduk takuk ga diakui sedangkan saya sudah transfer.. Kalau sepihak dibatalin gt sedih jadinya, mereka untung dong, saya yang rugi. Apakah kalau saya pesen ulang dan kirim bukti transfer ulang yang kemarin pesan akan diproses mba? Dari pilihan CP Wa dan Email mana ya mba yang paling fast respon? Terimakasih mba semoga berkenan menjawab

    1. Pagi Bu,
      Kalau pertama kali sepertinya banyak yang mengalami batal order.
      Tapi Ibu tenang saja, uang Ibu tetap aman.
      Contact CS nya, beritahu no order dan bukti pembayarannya namun status dibatalkan. Nanti diminta order ulang dengan nominal sama, tapi tidak perlu transfer lagi.
      Sy contact via email dan WA,,keduanya fast respon kok.
      Tapi kalau Ibu contact di Sabtu/Minggu/hari libur, coba ditunggu ya sampai hari kerja ya. Takutnya mereka juga libur.

      Jika Ibu sudah email namun masalah belum selesai, bisa hubungi saya kembali ya.

      Bu, fyi sekarang Bareksa sudah kerjasama dengan OVO. Kalau Ibu ada OVO, pembayaran dengan OVO bisa langsung diverifikasi tanpa upload bukti transfer. Lebih efisien. Boleh dicoba untuk topup selanjutnya. 😊

      Semoga membantu, terima kasih.

Leave a Reply