Review : ASETKU, P2P Lending Platform dari Akulaku

Asetku

Jaman sekarang platform peer-to-peer lending (P2P lending) semakin menjamur. Investor harus jeli dalam memilih perusahaan P2P lending untuk berinvestasi. Ada Investree, Asetku, Akseleran, Koinworks dan lainnya.

Untuk mengetahui tentang P2P Lending, bisa baca dulu di sini.

Singkatnya, P2P lending adalah transaksi pinjam meminjam kedua pihak yang tidak saling mengenal namun disalurkan dalam 1 platform online.

Return P2P lending terkenal tinggi, namun juga memiliki potensi risiko yang tinggi pula untuk ditanggung lender (pemberi pinjaman).

Dalam post ini, kita akan bahas mengenai Asetku, salah satu P2P lending platform terkini (dari segi Lender). Bagaimana cara kerjanya dan cara registrasinya?

Pengenalan Asetku

Asetku adalah merek dagang dari perusahaan PT Pintar Inovasi Digital, yang merupakan anak perusahaan dari PT Akulaku Silvrr Indonesia (Akulaku).

Akulaku sendiri merupakan perusahaan e-commerce pembiayaan / pemberian kredit kepada masyarakat atas pembelanjaan (sebagian besar transaksi bersifat konsumtif).

Per 20 Desember 2019, Asetku (PT Pintar Inovasi Digital) sudah terdaftar dalam OJK (Otoritas Jasa Keuangan), jadi perusahaannya adalah resmi.

Daftar P2P lending OJK resmi
Daftar lengkap perusahaan fintech lending yang terdaftar di OJK per 20 Desember 2019 dapat dicek di sini.

Kelebihan Asetku

Kenapa mau memilih Asetku untuk investasi P2P lending? Simak beberapa kelebihannya sebagai bahan pertimbangan.

1. Mudah

Mulai dari proses registrasi, pendanaan, dan pencairan dana relatif mudah.

Juga terdapat banyak pilihan bank dengan virtual account untuk menerima dana dari investor, antara lain: BCA, Maybank, BNI, BRI, CIMB, Danamon, Mandiri dan Permata.

Saat pendanaan selesai, hasil investasi juga akan ditransfer ke rekening nasabah yang telah didaftarkan dalam kurun waktu 1 hari secara otomatis. Tidak perlu mengajukan pencairan dana (jika tidak melanjutkan ke pendanaan baru).

2. Return tinggi

Asetku menawarkan tingkat imbal hasil antara 17% – 21.9%. Tergantung dari jumlah tenor yang dipilih. Cukup tinggi bukan?

3. Resmi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Asetku sudah terdaftar di OJK. Asetku juga sudah terdaftar di AFPI (Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia).

4. Terjangkau

Nilai minimum pendanaan adalah Rp 1 juta dan kelipatannya.

5. TKB90 = 100%

Dalam upaya mengatasi risiko gagal bayar dari peminjam, maka Asetku bekerja sama dengan PT Asuransi STACO Mandiri untuk menyediakan Asuransi kredit gagal bayar. Artinya, jika terjadi keterlambatan pembayaran, maka kompensasi klaim akan segera dicairkan untuk menjamin keamanan dana nasabah.

Singkatnya, Asetku memindahkan potensi risiko gagal bayar yang seharusnya ditanggung lender kepada STACO untuk membayarkan seluruh kerugian jika terjadi gagal bayar.

Sounds good ya, karena baru ini satu-satunya perusahaan yang memberikan keamanan penggantian 100% jika terjadi gagal bayar.

Itu sebabnya TKB90 Asetku = 100%.

*TKB90 adalah tingkat keberhasilan platform tersebut dalam memfasilitasi penyelesaian kewajiban peminjam dalam waktu 90 hari sejak jatuh tempo. Mendekati 100% akan semakin baik.

6. Anak perusahaan dari Akulaku

Dunia e-commerce pasti mengenal nama besar Akulaku. Perusahaannya ditopang dana besar dari investor China, salah satunya adalah Ant Financials (anak perusahaan dari Alibaba).

Investor Akulaku

Dari beberapa penjabaran kelebihan Asetku, pasti membuat kamu tertarik segera berinvestasi di sana. Namun tidak ada satu investasi pun yang tidak memiliki kekurangan. Kita coba cek dulu kekurangan dari Asetku.

Kekurangan Asetku

1. Hutang konsumtif

Tidak seperti perusahaan besar P2P lending lain yang menyalurkan kredit ke peminjam produktif (perusahaan dan UMKM), Asetku menyalurkan kreditnya kepada peminjam dari Akulaku yang merupakan peminjam konsumtif.

Jadi, lender memberi pinjaman kepada borrower untuk berbelanja (konsumtif).

Berbeda jika lender memberi pendanaan kepada perusahaan atau UMKM yang bertujuan untuk membantu perusahaan dalam beroperasi dan mendapatkan keuntungan (produktif).

Investor menjadi tidak memiliki dampak sosial kepada perekonomian masyarakat karena tidak berpengaruh pada perkembangan perusahaan tertentu.

2. Risiko tinggi

Lho kok bertolak belakang dengan kelebihannya? Coba kita jelaskan lebih dalam.

Meminjamkan uang ke perorangan untuk konsumsi, apakah berisiko untuk gagal bayar (peminjam kabur)? Sangat berisiko tinggi.

Meskipun Asetku menyediakan asuransi untuk klaim gagal bayar sehingga TKB90 nya adalah 100% (nilai sempurna = tidak ada gagal bayar), tapi it sounds too good to be true.

Kesannya, asuransi STACO justru sedang “membakar uang” untuk mendapat investor lebih banyak.

Lalu sampai kapan asuransi tersebut dapat menanggung kerugian jutaan investor yang semakin hari terus bertambah? Belum tentu selamanya.

Bagaimanapun hukum high risk, high return akan terus berlaku di pasar. Maka akan ada masanya, risiko akan kembali naik mendekati potensi return yang dijanjikan.

Jika kamu sudah mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan Asetku dan memutuskan untuk registrasi, berikut ini langkah-langkah mudahnya.

Registrasi akun Asetku

1. Download aplikasi di HP

Klik link di bawah ini untuk install aplikasi di HP kamu.

2. Mulai registrasi data diri

Registrasi Asetku

Isi data diri dengan benar sesuai instruksi, relatif mudah kok.

Jangan lupa untuk masukkan kode referral saya, 9TRQR, atau klik link di sini untuk mendapatkan bonus berupa kupon pendanaan atau tambahan % bunga. Terima kasih.

3. Mulai mendanai

Daftar tenor dan suku bunga Asetku

Beda dari platform lain yang memberikan daftar calon peminjam, di Asetku hanya ada daftar suku bunga dan tenor. Semakin lama tenor, suku bunga semakin tinggi.

Lalu mana daftar peminjamnya? Itu otomatis dipilihkan oleh Asetku, jadi kita sama sekali tidak dapat memilih kepada siapa pinjaman kita. Tapi pinjaman kita didiversifikasi ke beberapa peminjam untuk mengurangi risiko.

Setelah memilih, nanti akan diberikan nomor Virtual Account untuk kita transfer dalam waktu 4 jam. Pilih yang sama dengan bank yang kita miliki supaya tidak kena biaya transfer ya.

4. Ada kupon

Kupon Asetku

Ini contoh kalau sudah mulai mendanai dan pakai kupon. Kuponnya didapat setelah menyelesaikan tugas, seperti selesai registrasi, pengisian profil, hingga pendanaan dengan nominal tertentu.

Kupon ini berguna untuk penambahan modal saat pendanaan. Bunga dihitung dari nominal+kupon. Tapi kupon nanti akan hilang setelah selesai mendanai.

5. Selesai pendanaan

Setelah 1 pendanaan selesai, maka ada muncul notifikasi. Kita dapat memilih untuk lanjut mendanai yang lain (pokok+bunga) atau cairkan. Biasanya Asetku menawarkan kenaikan suku bunga 1% jika dana kita mau digulung untuk mendanai lagi.

Kalau mau dicairkan, cukup biarkan saja. Dana otomatis cair H+1 ke nomor rekening yang sudah kita daftarkan. Kalau bank yang sama dengan daftar bank rekanannya, dana yang kita terima tidak akan dipotong biaya transfer lagi. Contohnya, saya pakai BCA.

Kesimpulan

Asetku menawarkan return yang cukup tinggi. Siapa yang tidak mau? Apalagi hingga saat ini dijamin tidak gagal bayar oleh asuransi.

Selama berinvestasi di Asetku, saya merasa puas dengan kinerjanya. Namun melihat kemungkinan risiko yang bisa terjadi di masa depan, mungkin ada baiknya jika kita lebih bijaksana dalam mengatur portofolio.

Jangan hanya mengejar keuntungan namun melupakan keamanan modal kita. Yang harus kita jaga adalah modal kita + keuntungan. Jangan taruh semua uang ke risiko tinggi.

Akhirnya tergantung pada pribadi masing-masing dalam memutuskan karena investasi adalah pilihan. Semoga post ini dapat menjadi bahan pertimbangan yang baik.

Update per 30/05/2020:

Asetku memberikan Relationship Manager (RM) jika investor membutuhkan. Saya bisa rekomendasikan RM saya, Ibu Cecilia (HP: +62 813-9837-2431)/(RM Code : CIL).
Kalau mau yang kurang jelas, bisa tanya ke Ibu Cecil ini karena dia informatif sekali. Bisa dapat promo terbaru juga.
Untuk dapat souvenir juga tergantung RM nya rajin/ga. Kalau tidak rajin, kita tidak dapat walaupun mencapai target pendanaan.
Setelah melihat kinerja beliau, saya berani rekomen bagi yang mau memilih RM.

Disclaimer: Hanya pendapat pribadi saya.

Disclaimer : Post ini adalah review jujur dan tidak untuk mempromosikan atau menjatuhkan pihak tertentu.

Baca juga : Review Investree – P2P Lending Platform

Menurutmu post ini bermanfaat? Boleh bantu untuk share post ini. Terima kasih.

11 Replies to “Review : ASETKU, P2P Lending Platform dari Akulaku”

  1. Halo, saya baru download dan mulai mendanai di asetku ini, boleh minta nomor Bu Cecilia? Saya rasa saya membutuhkan bimbingan dan lebih nyaman bila ada orang yang bisa memberikan informasi terkini pada saya daripada saya hanya ubek-ubek di internet. Terima kasih kak. 😀

    1. Hallo,, sudah sy kirim no HP nya ke email kamu ya (elizadianalestari@gmail.com).
      Thanks

      1. Baik kak, terima kasih banyak yaa 😀

  2. Ini kamu yg pelayanan boanerges di graha kencana bukan?

  3. Misi, mau tanya, klo boleh tau untuk souvenirnya itu cuma bisa dapat sekali aja ya? Atau bisa dapatkan semuanya apabila target pendanaan yg tertera di syarat terpenuhi satu persatu?

    Makasih

    1. Souvenir yang didapat 1x/bulan sesuai target dicapai.
      Misal pendanaan/bulan 20jt = toiletries. 60jt dpt tumbler, tapi ga dapet yang lainnya.
      Bulan depannya hitung dari 0 lagi.

      1. Oh gitu ya, soalnya kok RM saya bilangnya kesempatan dapatnya cuma dapat 1x aja setelah itu ga bisa dapat lagi karena persediaan terbatas. Apa ini tergantung RM nya ya?

      2. Oh gitu ya. Soalnya saya diberitahu oleh RM saya kok souvenirnya cuma bisa diberi kesempatan satu kali saja karena jumlahnya terbatas. Padahal saya pikir bisa dapetin semuanya. Apa berarti ini tergantung dari RM yang handle nya ya? Saya salah pilih dong 😞

        1. Kak, dengan RM yang sy cantumkan di post bukan? Krn sy dengan Bu Cecil sudah lebih dari 1x.
          Tapi bisa jadi juga ada perubahan peraturan. Besok coba sy tanyakan ke RM sy ya.

          Gpp kak, souvenirnya hanya bonus. Sy lebih fokus ke return yang didapatkan 😊😊

          1. Iya sih, kebetulan bukan Bu Cecil RM saya. Oleh karena itu saya jadi penasaran, apa ini karena RM saya atau memang ada kebijakan baru. Boleh kak tolong ditanyakan RM nya ya. Makasih banget 🙏🙏

          2. Margaret says:

            Jawaban dari RM saya ya kak:
            Haii Bu 🙏 untuk souvenir per item 1 bu dapetnya sekarang karena persedian souvenir yang terbatas jadi dibatasi untuk souvenir 🙏 jadi misalnya bulan ini ibu udh dapet tumbler bulan depan dapet yang lain misalnya toiletries atau pen atau passport holders 🙏

            Semoga bisa terjawab ya.

Leave a Reply