Compound Interest, Keajaiban Dunia Ke-8 dari Keuangan

Compound interest is the 8th wonder of the world. He who understands it, earns it; he who doesn’t, pays it.” – Albert Einstein.

Apa sih yang membuat seorang Albert Einstein mengistimewakan compund interest?

Pengertian Compound Interest

Compound interest (bunga majemuk) adalah semacam bunga berbunga. Jadi bunga (interest) dari nominal pokok (principal) digulung untuk menjadi pokok yang baru untuk dibungakan kembali.

Ini akan membuat dana awal akan berkembang jauh lebih cepat dari pada bunga sederhana (simple interest).

Compound Interest vs Simple Interest

Kira-kira seperti ini ilustrasinya:

simple vs compound interest

Nah, dari ilustrasi ini kita bisa lihat kalau bunga bisa berbunga juga dan menghasilkan bunga yang lebih besar di kemudian hari.

Bagi yang beranggapan hanya 7 ribuan lebihnya, coba hitung ulang dengan nilai pokok lebih besar, misalnya Rp 10 juta atau Rp 100 juta. Coba juga jika kita perpanjang hingga 10-20 tahun kemudian. Perbedaannya akan semakin besar.

Bunga majemuk bukan hanya bisa diaplikasikan dalam investasi saja, namun juga dalam perhitungan bunga pinjaman (kartu kredit, KTA, Paylater). Kalau tidak bayar lunas, maka bunganya akan kembali berbunga dan semakin besar. Jadi hati-hati compound interest dalam pinjaman.

Rumus menghitungnya adalah:

Hubungan compound interest dengan waktu

Tahukah apa yang syarat dari bunga majemuk ini? Waktu adalah teman baiknya. Timeframe yang lebih panjang akan bekerja lebih maksimal.

Coba kita lihat ya :

perbandingan timeframe compound interest

Meskipun dengan modal lebih kecil, namun timeframe yang lebih panjang lebih menguntungkan. (Ini tanpa memperhitungkan tambahan top up setiap bulan).

Jadi mulailah sedini mungkin dan nikmati buahnya 10-20 tahun kemudian.

Rule of 72

Ada formula yang dinamakan “Rule of 72”. Isinya adalah menghitung berapa tahun investasi kita untuk menggandakan modal awal kita. Dan ini hanya berlaku untuk perhitungan bunga majemuk. Tidak bisa dengan bunga sederhana.

Contoh: Modal 5 juta, rate 8%.

Jika 72/8 = 9 >> artinya, perlu 9 tahun agar 5 juta menjadi 10 juta.

Mau coba dengan excel?

perhitungan rule of 72

Sekian sharing kali ini.

Menurutmu post ini bermanfaat? Boleh bantu untuk share post ini. Terima kasih.

Baca juga : Metode Investasi Dollar Cost Averaging (DCA)

Leave a Reply