BIBIT : Dana Tabungan dan Dana Pensiun

Di aplikasi Bibit ada yang namanya dana tabungan dan dana pensiun nih. Memang apa bedanya? Nah, post ini akan coba bahas.

Bagi yang belum tahu atau belum daftar Bibit, bisa cek post tentang Review Bibit dulu.

Link download Bibit tinggal klik di sini.

Bagi yang baru daftar, bisa masukkan kode promo margaret untuk mendapatkan cashback senilai Rp 25.000 setelah pembelian reksa dana pertama kamu.

Nah untuk yang sudah menggunakan aplikasi Bibit mungkin bingung kenapa ada 2 jenis pilihan, dana tabungan dan dana pensiun. Mari kita cek ya.

Beda dana tabungan dan dana pensiun

Dana Tabungan

Pilih dana tabungan kalau kamu mau beli produk reksa dana secara satuan. Misal mau beli reksa dana pasar uang atau obligasi atau saham SAJA. Maka beli melalui dana tabungan.

Dana Pensiun

Nah, kalau di dana pensiun, kita dibuatkan 1 portofolio dengan 3 jenis reksa dana, yaitu reksa dana pasar uang (RDPU), reksa dana obligasi (RDO), dan reksa dana saham (RDS).

Komposisi portofolionya akan disesuaikan dengan profil risiko investor.

Kalau profil kita konservatif, akan lebih condong ke RDPU dan RDO. Sedangkan yang agresif pasti lebih banyak porsi ke RDS.

Satu hal yang perlu saya ingatkan, kalau profil risiko itu tidak ada yang lebih baik. Score 1 bukan yang terburuk, dan 10 bukan yang terbaik. Itu hanya untuk membedakan persentase jenis reksa dana.

Rekomendasi Robo

Rekomendasi Robo dalam dana pensiun masih bisa diubah sesuai keinginan kita. Namanya juga rekomendasi, jadi tidak harus diikuti.

Yang dapat diubah adalah:

  • Profil risiko. Jika kita merasa tidak cocok dengan hasil test. Bisa diatur sesuai keinginan, lalu berpengaruh ke persentase jenis reksa dana.
  • Pilihan produk reksa dana. Sebelum investasi di dana pensiun, cek dulu rekomendasi produk dari tiap jenis RD. Mungkin ada yang tidak cocok, jadi bisa diganti.
portofolio dana pensiun bibit

Kemudahan di Bibit

1. Pindah portofolio

Produk RD kita yang ada, baik dalam dana tabungan atau dana pensiun bisa saling dipindahkan, tanpa biaya dan langsung pindah. Memang tidak sulit karena hanya memindahkan portofolio. Toh produknya sudah dibeli dan tidak mengalami perubahan jumlah unit.

Setelah pindah, persentase dana pensiun pasti berubah, betul?

Nah untuk top up selanjutnya, Robo akan melakukan rebalancing portofolio. Jadi setelah pembelian, komposisi akan kembali ke persentase awal. Efisien bukan?

Itu gunanya persentase di dana pensiun. Karena sampai seterusnya, alokasinya akan tetap dijaga.

Kalau kamu ingin memiliki salah satu produk lebih banyak daripada yang ditentukan dalam alokasi, kamu tinggal pindahkan ke dana tabungan.

2. Switch Produk

Kamu punya produk RDO, tapi kamu tidak terlalu suka dengan produk ini. Ingin kamu pindahkan ke RDS saja. Bisa! Dengan catatan, kedua produk RD ini berasal dari 1 Manager Investasi (MI) yang sama. MI nya pun tidak semua bisa memfasilitasi demikian.

Biaya switch produk adalah gratis (namanya juga di 1 MI), tapi butuh waktu minimal 2 hari kerja untuk transaksi selesai.

Sekian dulu mengenai dana tabungan dan dana pensiun di Bibit ya. Jika ada yang mau ditanya silakan di kolom komentar.

Menurutmu post ini bermanfaat? Boleh bantu untuk share post ini. Terima kasih.

Leave a Reply